Mainan Rekomendasi untuk Anak Berkebutuhan Khusus



Photo by Sharon McCutcheon from Pexels

Bermain merupakan sarana untuk mendukung tumbuh kembang serta sarana yang menyenangkan bagi seorang anak. Bahkan para ahli pun percaya bahwa beberapa jenis permainan dapat membantu mengembangkan kemampuan anak berkebutuhan khusus atau ABK.


Namun untuk memilih mainan yang cocok untuk anak berkebutuhan khusus tidaklah mudah. Para orangtua harus bisa memilih mainan mana yang cocok untuk tumbuh kembang buah hati tercinta khususnya anak berkebutuhan khusus.


Dengan memilih mainan edukatif yang tepat untuk anak berkebutuhan khusus maka bisa membantu proses tumbuh kembang dan potensi untuk anak menjadi tantrum saat bermain.


Baiknya, orang tua memilih mainan yang membantu kekurangan buah hati tercinta. Seperti untuk anak yang telat bicara bisa memilih mainan yang merangsang untuk anak lebih aktif berbicara. Atau untuk anak berkebutuhan khusus yang kurang dalam motoriknya bisa memilih mainan yang merangsang motorik anak.


Berikut ini kami berikan beberapa contoh mainan yang bisa membantu tumbuh kembang anak berkebutuhan khusus :

 

Flash Card.

Mainan ini sangat membantu melatih dan merangsang kemampuan mengingat anak anak dalam mengenali berbagai macam hewan, angka, huruf, anggota tubuh, dll.


Lego.

Mainan ini dapat membantu anak-anak berkebutuhan khusus dalam berkreasi membentuk sebuah bentuk bangunan atau bentuk lainnya. Mainan ini juga bisa membantu konsentrasi dan juga koordinasi anatara mata dan gerak tubuh anak berkebutuhan khusus.


Mainan Lilin.

Mainan ini adalah mainan pembelajaran yang bagus untuk membantu gerak motorik anak agar tumbuh dengan baik serta memicu daya imajinasi ataupun kreativitas anak berkebutuhan khusus. Dengan bermacam opsi warna dan bentuk sehingga anak- anak bakal terus menjadi tertarik serta antusias untuk bermain.


Puzzle.

Mainan ini sangatlah bagus untuk melatih fungsi otak dan merangsang otak anak agar lebih aktif dengan cara yang menyenangkan untuk anak berkebutuhan khusus. Saat memainakan permainan ini bahkan anak bisa sangat betah dalam bermain.


Balok Susun.

Mainan ini sangatlah sederhana dan juga tidak lekang oleh waktu. Sederhana karena hanya berupa balok-balok yang bebas disusun seperti apa dan bagaimana oleh pemain nya.

Mainan ini juga sangat bagus untuk anak berkebutuhan khusus karena bisa merangsang pertumbuhan fungsi kognitif dan motorik anak. Karena anak bisa menyusun balok-balok tersebut sesuai imajinasinya dan juga mempertahankan agar balok-balok tersebut tidak jatuh berserakan.


Mainan untuk anak berkebutuhan khusus memanglah mempunyai peran yang sangat penting untuk pertumbuhan anak ABK saat mereka bermain. Oleh karena itu para orangtua hendaknya mencermati betul tipe mainan yang pas buat anak mereka. Tidak hanya itu, dampingi mereka dikala bermain supaya mereka merasa aman serta nyaman.

Dan juga pastikan anak senantiasa terpantau kala bermain serta atur waktu bermainnya dengan aktivitas lain, semacam makan serta rehat.


SUMBER