Panduan Makan untuk Balita


Cukup sulit untuk membuat anak Anda duduk diam saat makan, apalagi mencatat berapa banyak dia makan! Tetapi ada panduan mudah untuk membantu Anda mengetahui apakah anak Anda mendapatkan makanan yang dia butuhkan.

 

Tiga gigitan pasta di sini, setengah jeruk di sana, segenggam Cheerios di perjalanan. Pernah bertanya-tanya apakah balita Anda yang rewel dan terganggu makannya cukup? Dan apa yang terjadi dengan hari-hari ketika dia tiba-tiba melahap semua yang ada di piringnya? Mengapa inkonsistensi?

 

Yakinlah bahwa fluktuasi nafsu makan yang ekstrem adalah kebiasaan makan balita yang cukup khas. Tetapi rata-rata, ketika balita melewati ulang tahun pertama mereka, pertumbuhan mereka melambat, sehingga mereka tidak perlu makan sebanyak yang mereka lakukan ketika mereka masih bayi – dan selera mereka mencerminkan hal itu.

 

Jadi, meskipun penting untuk menawarkan anak Anda tiga kali makan biasa dan dua atau tiga kali camilan sehat sehari (anggap saja sebagai enam kali makan kecil), bersiaplah untuk kenyataan bahwa pada beberapa hari mereka akan dimakan dan di hari lain mereka tidak mau. Dan dalam jangka panjang, biasanya seimbang — sungguh.

 

Tetapi jika Anda masih khawatir balita pemilih Anda tidak cukup makan, ingatlah tips ini saat merencanakan makanan anak Anda.

 

Berapa banyak yang anak saya harus makan dalam sehari?

Meskipun anak Anda mungkin tidak selalu bekerja sama, inilah yang harus Anda tuju untuk melayaninya di hari biasa.

 

Biji-bijian: 6 porsi

Sayuran: 3 porsi

Buah-buahan: 2 porsi

Protein: 2 porsi

Susu: 16 hingga 24 ons susu (atau jumlah setara makanan kaya kalsium seperti keju dan yogurt)

Air: 8 hingga 32 ons

Permen: Sangat hemat

Cobalah untuk membatasi asupan lemak keseluruhan antara 20 dan 30 persen kalori harian dengan kurang dari 10 persen berasal dari lemak jenuh.

 

Berapa ukuran porsi khas balita?

Bukan hal yang aneh bagi orang tua untuk meletakkan porsi ukuran dewasa di piring anak mereka, dan kemudian khawatir balita mereka dengan perut kecil tidak cukup makan karena dia tidak bisa menghabiskannya.

 

Namun, hal yang perlu diingat adalah bahwa porsi balita hanya sekitar seperempat hingga setengah dari porsi orang dewasa yang normal (tidak terlalu besar). Tentu saja, dengan porsi restoran yang berukuran super-duper (seringkali menyajikan kalori sepanjang hari di satu piring), tidak heran kita lupa seperti apa porsi normalnya.

 Cara yang baik untuk menghitung ukuran porsi yang dibutuhkan balita Anda: Tawarkan dia satu sendok makan per kelompok makanan untuk setiap ulang tahun yang dia alami. Misalnya, seorang anak berusia 1 tahun mungkin makan 1 sendok makan sayuran, atau 1 sendok makan biji-bijian (baiklah, roti tidak dapat disajikan dengan sendok makan, tetapi setengah irisan hingga irisan penuh adalah porsi yang masuk akal).

 

Dan satu porsi untuk anak berusia 3 tahun adalah, katakanlah, 3 sendok makan buah, atau 3 sendok makan protein. Anda mendapatkan idenya.

 

Apa yang harus saya lakukan jika anak saya menolak makan?

Apa yang harus Anda lakukan ketika anak Anda sedang tidak ingin makan? Tahan keinginan untuk membujuknya agar makan melewati titik ketika dia kenyang (sesuatu yang benar-benar bisa menjadi bumerang). Ini mungkin mengajarinya untuk mengabaikan sinyal lapar dan kenyang, dan itu dapat menyebabkan makan berlebihan dan penambahan berat badan di kemudian hari. (Kabar baik: Anda dapat bersantai jika dia kadang-kadang tidak menghabiskan kacang polongnya!)

 

Namun, jika balita Anda secara konsisten tampaknya tidak tertarik untuk makan, lacak berapa banyak susu atau jus yang ia minum. Jika lebih dari 16 ons susu dan 4 ons jus sehari, semua cairan itu bisa membuatnya kenyang sehingga dia tidak lapar saat makan. Kurangi sedikit minumannya dan lihat apakah nafsu makannya membaik.

 

Akhirnya, pertimbangkan gambaran besarnya. Yang lebih penting daripada seberapa banyak anak Anda makan dalam satu kali makan adalah bahwa ia makan berbagai makanan sehat secara umum. Akan ada hari-hari baik dan hari-hari buruk, tetapi jika berat badan anak Anda bertambah, berkembang dengan baik, dan aktif serta energik, maka Anda dapat yakin bahwa ia mendapat banyak makanan.


SUMBER