Pelatihan Toilet dan Mengompol


Pelatihan Toilet Malam Hari dan Mengompol

 

Bahkan setelah balita dilatih menggunakan toilet di siang hari, banyak yang mengompol semalaman. Dapatkah Anda melatih anak Anda menggunakan toilet di malam hari, atau Anda harus menunggu?

 

Bahkan setelah balita dilatih menggunakan toilet di siang hari, banyak yang terus mengalami kesulitan menahannya saat mereka tidur di malam hari. Jika si kecil masih mengompol semalaman meskipun dia sudah dilatih menggunakan toilet, dia ada di teman yang baik. Tetapi apakah latihan toilet di malam hari mungkin dilakukan, atau apakah Anda hanya harus menunggu?

 

Mengapa anak saya yang terlatih menggunakan toilet masih mengompol di malam hari?

Menguasai pelatihan toilet di siang hari adalah satu hal. Tetapi banyak balita tidak siap secara perkembangan untuk bangun ketika mereka merasakan bahwa kandung kemih mereka penuh atau menahan kencing mereka selama 10 atau 12 jam, membuat latihan toilet di malam hari menjadi sedikit lebih sulit dipahami. Faktanya, kebanyakan sistem anak tidak cukup matang untuk tetap kering sepanjang malam sampai setidaknya usia 5, 6 atau bahkan 7. Mengompol sampai usia 7 tahun dianggap normal dan bukan masalah yang perlu dikhawatirkan.

 

Mengompol jauh lebih umum terjadi pada anak laki-laki (sekitar 7 dari 10 anak yang mengompol adalah laki-laki). Sekitar usia 5 atau 6, 85 hingga 90 persen anak-anak berhenti mengompol sendiri. Tidak ada yang tahu pasti mengapa sisanya terus bermasalah, tetapi kemungkinan penyebabnya termasuk faktor keturunan, kandung kemih kecil, dan kecenderungan untuk tidur sangat nyenyak sehingga sulit untuk merespons sinyal kandung kemih. (Istilah medis untuk mengompol, jika berlanjut hingga melewati usia 5 atau 6 tahun, adalah enuresis nokturnal.)

 

Apakah mungkin latihan toilet di malam hari?

Latihan buang air di malam hari sering kali merupakan upaya yang sia-sia dan sebenarnya tidak mungkin karena mengompol biasanya merupakan masalah sistem anak yang masih terlalu belum dewasa untuk bangun dan pergi ke kamar mandi semalaman. Menempatkan si kecil di dalam celana dalam saat dia tidak mengering semalaman bukanlah ide yang bagus karena itu hanya akan menyebabkan seringnya mengganti seprai. Jika Anda masih ingin mencoba latihan toilet dalam semalam, pastikan dia pergi ke kamar mandi sekali. atau bahkan dua kali sebelum tidur dapat membantu. Dan Anda dapat melihat apakah insentif berhasil. Namun, kemungkinan besar tubuhnya belum siap secara perkembangan untuk tetap kering sepanjang malam dan Anda harus menunggu. Setelah si kecil tetap kering sepanjang malam setidaknya selama seminggu atau lebih, dia siap untuk mencoba mengenakan celana dalam saat tidur alih-alih popok atau Pull-Up.

 

Apa yang dapat saya lakukan jika anak saya yang terlatih menggunakan toilet masih mengompol semalaman?

Tidak ada tekanan atau omelan yang akan menghentikan balita Anda untuk mengompol sampai dia siap secara perkembangan. Faktanya, hal-hal negatif hanya dapat meningkatkan kecelakaan (dan merusak harga diri anak Anda). Jadi bersabarlah dan sementara itu, perhatikan tips berikut:

 

  • Gunakan popok atau Pull-Up di malam hari - demi Anda dan juga anak Anda. Jika dia terbiasa mengenakan pakaian dalam pada siang hari dan objek untuk kembali menggunakan popok di malam hari, pakailah setelah dia tidur atau gunakan celana pelatihan sekali pakai. Anda mungkin juga ingin menggunakan lembaran karet untuk melindungi kasur.


  • Jika mengompol masih menjadi masalah ketika anak Anda berusia 5 atau 6 tahun, coba tawarkan insentif (cerita pengantar tidur tambahan pada malam berikutnya atau perjalanan ke taman) jika dia tetap kering sepanjang malam. Jika itu tidak berhasil, dokter anak Anda mungkin merekomendasikan taktik lain.


  • Cobalah panggilan bangun malam. Salah satu pengobatan yang umum adalah penggunaan alarm yang membangunkan anak ketika mendeteksi ia mengompol, yang akhirnya mengkondisikan anak untuk bangun ketika dia perlu buang air kecil. Ini memiliki hasil yang beragam, jadi tanyakan kepada dokter Anda terlebih dahulu. Taktik lain adalah membangunkan anak Anda sendiri beberapa kali dan meletakkannya di toilet sampai dia (mudah-mudahan) terbiasa bangun ketika dia harus pergi sendiri. Banyak mengompol terjadi dalam beberapa jam pertama setelah Anda tidur, jadi Anda bisa mulai dengan membawanya ke kamar mandi sebelum Anda pergi tidur.


  • Turunkan ekspektasi Anda. Kebanyakan anak tidak bisa tetap kering sepanjang malam sampai mereka berusia 5 tahun atau lebih karena kandung kemih mereka terlalu kecil, mereka kurang mengontrol otot, atau mereka tidur terlalu nyenyak untuk merasakan saat kandung kemih mereka penuh. Jadi kelola ekspektasi Anda. Sangat normal bagi anak Anda untuk tidak dapat menggendongnya sepanjang malam bahkan setelah dia dilatih menggunakan toilet.

 

  • Beri dia waktu untuk terbiasa dilatih menggunakan toilet. Aturan praktis yang baik adalah menunggu setidaknya enam bulan setelah balita Anda sepenuhnya terlatih menggunakan toilet di siang hari sebelum Anda melakukan uji coba dan membiarkannya tidur tanpa popok. Jika dia mengompol beberapa kali seminggu, dia mungkin belum siap secara perkembangan. Menempatkannya di popok atau celana latihan selama beberapa bulan lagi sampai dia bangun dalam keadaan kering selama lebih dari seminggu berturut-turut.

 

  • Jangan mengharapkan kesempurnaan. Bahkan setelah balita Anda ngompol di celana dalam secara teratur, ingatlah bahwa dibutuhkan waktu hingga satu tahun atau lebih sebelum dia tetap kering sepanjang malam setiap malam. Jadi berhati-hatilah. Selipkan penutup tahan air ke kasur dan rencanakan untuk menyimpannya di sana setidaknya selama satu tahun setelah dia sepenuhnya dilatih menggunakan toilet. Terkadang, ini membantu mencegah anak Anda minum cairan setelah makan malam, tetapi seringkali tidak (dan anak-anak harus tetap terhidrasi). Sebaliknya, pastikan dia mengosongkan kandung kemihnya sebelum tidur; Anda juga dapat mencoba membawanya ke toilet sebelum Anda tidur malam.

 

  • Bersantailah. Saat dia mengalami kecelakaan, perlakukan keseluruhan episode dengan santai saat Anda mengganti seprai dengan tenang dan membantunya masuk ke dalam kemacetan kering (lebih mudah diucapkan daripada dilakukan saat Anda kelelahan). Apa pun yang Anda lakukan, jangan memarahi balita Anda karena sesuatu yang di luar kendalinya.




SUMBER