Perbedaan attention deficit disorder (ADD) dan attention deficit hiperaktif disorder (ADHD)


Malang, Beritamadani.co.id – Sahabat Madani, pada kesempatan ini marilah kita belajar bersama tentang perbedaan attention deficit disorder (ADD) dan attention deficit hiperaktif disorder (ADHD). Hal ini penting buat kita karena banyak orang tidak memahami tentang gangguan kompleks antara attention deficit disorder (ADD) dan attention deficit hiperaktif disorder (ADHD).

Gangguan ini pada dasarnya menyerang mental seseorang dengan dipengaruhi banyak hal, diantaranya kurangnya asupan gizi pada saat kehamilan pada ibu hamil, faktor radiasi yang menyerang anak pada saat balita dan lain sebagainya. Banyak orang tidak benar-benar memahami perbedaan antara ADHD dan ADD. Pada dasarnya kurangnya perhatian pada anak, sehingga anak menjadi pendiam dan pemurung sehingga melakukan perilaku aneh didalam kondisi diamnya, bisa jadi anak tersebut mengalami attention deficit disorder (ADD).

Sedangkan ADHD (Attention Deficit Hiperaktif Disorder) suatu kondisi dimana anak telah terlihat atau menunjukkan sikap hiperaktif impulsif, dan sementara itu juga ada gejala lain yang datang dengan segala jenis macam sifat dan sikap gangguan ADD, kondisi diatas merupakan dua gejala yang paling umum yang dialami anak ADD.

ADHD sangat terlihat karena dilengkapi dengan penciptaan cukup banyak gangguan di dalam kelas, mulai dari emosi yang tidak terkontrol, gerak fisik yang berlebih dan perhatian yang kemana-mana. Oleh karena itu anak dengan ADHD butuh banyak perhatian agar dapat dikontrol dan mudah diarahkan.

Sedangkan anak dengan gangguan ADD, mereka sering akan tampak tidak teratur dan luas. Anda mungkin sering menemukan mereka hanya menatap ke luar jendela saat di kelas, dan tampak seperti mereka tidak pernah benar-benar ada (seperti ngelamun) namun sebenarnya tidak, karena mereka mempunyai dunia sendiri. Ini adalah bentuk gangguan yang paling sulit untuk didiagnosa dan anak yang telah ADD, sering melakukan tindakan yang diluar kepala (extrem), namun mereka tidak menyadari telah melakukan hal yang extrem.

Attention deficit disorder (ADD) tidak menimbulkan masalah dan merupakan gangguan yang jelas, karena itu tidak secara luas diakui dan bisa berlangsung selama bertahun-tahun, banyak fakta yang membuktikan anak gangguan ADD bisa dapat sembuh dengan sendirinya saat dia dewasa, namun juga ada yang tidak sembuh sampai dia dewasa. Diagnosis dini dengan baik adalah sangat penting. Ada banyak cara orangtua, guru, dan dokter harus mengamati, gangguan tersebut. Seperti masalah akademis, meskipun hal ini tidak selalu terjadi, beberapa anak tidak memiliki masalah terhadap nilainya dan dalam melakukan pekerjaan mereka. Satu hal yang harus diwaspadai adalah interaksi sosial dan emosional. Hal-hal yang harus diperhatikan adalah seberapa baik mereka bergaul dengan anak-anak lain, bagaimana terorganisir mereka, jika mereka terlalu berantakan, atau jika mereka tidak dapat duduk diam maka bisa jadi anak kita terindikasi ADHD.

Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD), yaitu sebuah gangguan pada perkembangan otak yang menyebabkan penderitanya menjadi hiperaktif, impulsif, serta susah memusatkan perhatian. Kondisi ini dulunya dikenal dengan ADD atau attention deficit disorder.

Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) adalah kondisi yang bisa terdapat pada anak-anak, remaja bahkan pada orang dewasa. Namun gejalanya biasanya mulai berkembang pada masa kanak-kanak dan berlanjut hingga dewasa. Diperkirakan terdapat 3-5 persen anak-anak atau anak usia sekolah yang mengalami kondisi ini. Tanpa penanganan yang tepat, ADHD dapat menimbulkan konsekuensi yang serius seperti mal-prestasi (under-achievement), kegagalan di sekolah atau pekerjaan, susah menjalin hubungan atau interaksi sosial, rasa tidak percaya diri yang parah, dan juga depresi kronis.

Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) sering juga mencakup masalah lain seperti gangguan tidur, masalah belajar dan lain-lain. Namun, bertentangan dengan mitos populer, memiliki ADHD tidak berarti rendah atau miskin intelijen.

Jenis attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) bila diklasifikasikan berdasarkan pada gejala terkuat yang ditunjukkan oleh anak, terdapat 3 jenis:

1.Sebagian besar inattentive-ini termasuk gejala utama seperti kurangnya perhatian, purposefulness untuk menyelesaikan suatu tugas, ikuti instruksi dan percakapan dan membayar perhatian pada detail kecil. Gangguan ini umum dalam orang-orang ini.

2.Sebagian besar hyperactive-orang dengan jenis ADHD sering gelisah dan berbicara lebih dari yang diperlukan. Mereka sulit untuk duduk diam untuk kerja, makanan atau sekolah. Balita ini dapat mewujudkan sebagai konstan berjalan, melompat dan fisik gerakan. Kondisi ini juga mewujudkan sebagai impulsif. Orang mungkin berbicara keluar dari gilirannya atau mengambil hal-hal dari orang lain. Impulsif ini juga membuat individu rentan terhadap kecelakaan dan cedera.

3.Kombinasi dari kedua jenis – orang-orang ini menunjukkan campuran gejala dari kedua tipe.

Gejala ADHD, anak-anak dengan ADHD cenderung memiliki kelainan mental kesehatan, terkait kondisi dan penyakit. Ketidakmampuan belajar berbagai adalah yang paling umum, seperti kesulitan dengan ejaan, membaca, menulis atau matematika. Beberapa anak-anak dapat menunjukkan gangguan menantang oposisi yang dicirikan oleh sifat keras kepala dan mungkin juga memiliki gangguan perilaku yang menyebabkan mereka untuk melakukan disengaja kerugian kepada orang atau properti. Anak-anak ini menjalankan risiko mendapatkan ditangkap untuk kegiatan ilegal. Gejala atau pertanda ADHD bisa berbeda bagi setiap orang. Gejalanya biasanya mulai tampak saat masa anak-anak.

Berikut ini adalah tiga gejala utama ADHD yang umum pada anak-anak:

A.Hiperaktif
Tampak seperti kelebihan energi, selalu aktif dan tidak bisa diam. Tanda-tandanya yang biasanya tampak adalah:

Tidak bisa bermain dengan tenang
Susah berdiam diri, menggeliat, gelisah, dan sering berdiri kembali ketika duduk
Selalu bergerak, seperti berlari atau memanjat pada sesuatu
Tidak bisa duduk dengan tenang

B.Inattention atau bermasalah pada perhatian
Berupa gangguan atau kesulitan untuk memperhatikan sesuatu. Gejala yang biasanya tampak antara lain:

Sangat susah untuk memusatkan perhatian
Tampak tidak mendengarkan ketika orang lain berbicara kepadanya
Perhatiannya sangat mudah teralihkan
Sering membuat kesalahan akibat kurang berhati-hati atau karena kurang memperhatikan
Susah mengikuti arahan atau menyelesaikan tugas
Sering melupakan atau menghilangkan sesuatu
Memiliki kecenderungan untuk mengingau saat tidur

C.Impulsif: Penderita ADHD biasanya memiliki sifat impulsif atau bertindak tanpa berpikir (spontan).

Dampak attention deficit hyperactivity disorder ADHD pada anak sangat besar. Anak-anak dengan ADHD memiliki 3 kali lebih tinggi masalah dengan rekan-rekan mereka, daripada mereka yang tidak memiliki ADHD.

Orang tua dari anak-anak ini 10 kali lebih mungkin untuk melaporkan bahwa kondisi mengganggu membentuk persahabatan pada anak-anak mereka. Ketika tua anak-anak ini lebih lanjut pada risiko yang lebih tinggi minum mengemudi, kecelakaan mobil dan pelanggaran peraturan lalu lintas.

Saat ini ada obat tidak definitif untuk ADHD. Sekitar dua pertiga dari anak-anak dengan ADHD terus memiliki gejala kondisi pada usia 25 tahun. Semua gejala dan kesulitan belajar bisa dikontrol dan dapat diatasi dengan menggunakan obat-obatan, terapi perilaku, psikologis dan sosial.

Sahabat Madani, sekian pembahasan kita kali ini tentang perbedaan anak dengan ADHD dan anak ADD, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Penulis: Firdiani Yuliana, S.Psi