Penyebab Anak Tantrum

Penyebab Anak Tantrum
Penyebab Anak Tantrum

Salah satu bentuk kesulitan yang sering kali dihadapi oleh orang tua, khususnya orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus adalah jika anak tantrum di tempat umum. Bentuk tantrum anak bisa bermacam-macam seperti teriak-teriak, menangis, berguling- guling, dan tindakan-tindakan lain yang membuat orang tua menjadi bingung harus bagaimana.

Sebaiknya kita pahami yuk maksud dari perilaku si buah hati. Beberapa ini merupakan penyebab dari  tantrum pada anak :

  • a)    Mendapatkan perhatian

Ketika anak menginginkan  perhatian dari lingkungan sekitar, anak akan menampikan perilaku ajaib yang mampu membuat perhatian orang-orang tertuju padanya. Contohnya Anak teriak-teriak karena ingin mendapatkan  perhatian dari keluarga pada saat arisan keluarga.

  • b)      Mendapatkan sesuatu

Beberapa anak menjadikan perilaku tantrum sebagai senjata agar ia  bisa mendapatkan apa yang ia mau. Hal ini terjadi karena orang tua / guru / pengasuh tidak memberikan apa yang anak inginkan. Contohnya anak menangis sampai berguling-guling di supermarket  karena tidak dibelikan ice cream.

  • c)       Menghindari sesuatu

Seperti halnya orang dewasa, anak juga memiliki hal yang disukai dan tidak disukai. Hal yang tidak disukai anak sering kali anak hindari. Salah satu cara anak menghindar yaitu dengan menampilkan perilaku yang kurang baik seperti berbuat ulah di kelas agar guru menyuruh anak tidak mengikuti kelas yang ingin dihindari.

  • d)      Kondisi biologis anak

Anak yang belum mampu mengungkapkan rasa sakit yang dialami, lebih sulit mengendalikan emosi dan menyebabkan anak lebih sering tantrum. Contohnya anak menangis, marah-marah dan melukai diri saat dia tidak mampu menahan sakit perut karena diare.

Perilaku tantrum anak juga dapat dipicu  dari gabungan faktor-faktor yang ada di atas. Sebagai guru/ orang tua / terapis, sebaiknya kita menganalisa penyebab anak tantrum karena  beda sebab bisa beda penanganan.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar