Perhatian Sebagai Obat Ajaib Down Syndrome

Perhatian Sebagai Obat Ajaib Down Syndrome
Perhatian Sebagai Obat Ajaib Down Syndrome

Memiliki anak adalah anugerah, sekalipun mereka menderita kelainan seperti DownSyndrome. Meski memiliki kekurangan yang terkadang merepotkan orang di sekitarnya, anak-anak dengan Down Syndrome justru sangat membutuhkan kasih sayang dan perhatian yang tulus dari orang-orang terdekatnya.


DownSyndrome merupakan kondisi yang akan diderita sepanjang hidup seseorang. Namun dengan adanya dukungan dan perhatian dari keluarga terutama orangtua, anak-anak dengan Down Syndrome dapat tumbuh dengan sehat dan produktif.


Selain orang tua, penanganan dokter juga diperlukan oleh anak Down Syndrome. Biasanya bayi dengan Down Syndrome mengalami permasalahan pada mata, telinga atau tiroid. Lebih cepat masalah ditemukan, maka akan lebih baik penanganan dilakukan. Mengunjungi dokter secara rutin dapat membantu anak Anda mendapatkan terapi bicara maupun terapi gerak. Saat anak beranjak dewasa, konseling juga dapat dilakukan untuk mengembangkan kemampuan adaptasi sosial.


Beberapa tips berikut dapat Anda gunakan untuk membantu perawatan anak dengan Down Syndrome :


  • Pelajari segala hal tentang Down Syndrome sehingga dapat membantu Anda mengetahui apa kebutuhan anak Anda
  • Carilah sumber di daerah tempat tinggal Anda yang menyediakan program bagi anak Down Syndrome guna membantu anak Anda memulai sesuatu yang baik
  • Carilah sekolah yang cocok bagi anak Anda. Sekolah umum yang mampu menampung anak dengan kekurangan diantara 3-21 tahun dapat menjadi pilihan tepat.


Down Syndrome

Down Syndrome merupakan seperangkat cirri-ciri fisik dan mental yang disebabkan oleh permasalahan gen yang terjadi sebelum kelahiran. Anak-anak dengan Down Syndrome memiliki ciri khas tertentu seperti wajah datar dan leher yang pendek. Selain itu mereka juga memiliki kemampuan intelektual di bawah rata-rata, namun hal tersebut terjadi bervariasi pada setiap orang.


Keberadaan seorang anak dengan Down Syndrome disebabkan oleh adanya kelainan pada kromosom (bagian dari sel yang mengandung DNA) yang terbentuk saat mereka masih berada dalam kandungan. Kromosom normal seorang bayi adalah 46, namun kebanyakan bayi Down Syndrome memiliki 47 kromosom. Penambahan kromosom inilah yang menyebabkan perubahan pada otak dan perkembangan tubuh.

Hingga saat ini peneliti belum mengetahui penyebab terjadinya perbedaan kromosom tersebut. Namun terdapat beberapa hal yang diketahui sebagai faktor pemacu timbulnya Down Syndrome pada seseorang, diantaranya :

  • Umur ibu. Wanita hamil pada usia diatas 35 tahun memiliki resiko lebih besar mengalami permasalahan genetik pada kandungan.
  • Memiliki saudara laki-laki atau perempuan yang menderita Down Syndrome
  • Kandungan pada kehamilan sebelumnya terdapat Down Syndrome


 


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar