(Speech Delay Bagian 1)

(Speech Delay Bagian 1)
(Speech Delay Bagian 1)

Selamat malam Ayah-Bunda ^-^

Akhir pekan ini tidak lengkap rasanya jika belum membaca artikel khas dari QQ Mitra Ananda ^-^

Adakah dari Ayah-Bunda yang pernah mendengar istilah Speech Delay? Pastinya ini bukan tentang jadwal penerbangan yang delay ya he he he… Speech Delay disini maksud Kak Min adalah keterlambatan kemampuan berbicara bagi Ananda. Lalu bagaimana kita bisa mendeteksinya? Jawabannya ada dibawah ini ^-^

*Deteksi Dini Terlambat Bicara

"Duh, kok anak saya sudah usia 2 tahun masih belum bisa bicara ya?"

"Kenapa putra saya bicaranya masih kurang jelas ya padahal usianya sudah 4 tahun?"

Ayah Bunda,

Gangguan bicara pada anak dapat dideteksi sejak usia 3 bulan. Tapi pada banyak kasus, banyak orang tua baru mengetahui anaknya mengalami gangguan bicara setelah berumur di atas 2 tahun. Padahal, pengobatan pada saat anak berusia di atas 3 tahun akan lebih sulit. 

Secara umum, pada keadaan normal, seorang anak yang berusia 1 tahun sudah bisa menyebutkan satu kata, misalnya "mama" dan "papa". Selanjutnya pada usia 15 bukan sudah mampu mengucapkan kata-kata. Sedangkan pada usia 24 bulan biasanya anak sudah bisa merangkai kata menjadi sebuah kalimat dan pada usia 30 bulan sudah bisa mengucapkan kata dengan sempurna.

Untuk mendeteksi kemampuan bicara anak, ada cara sederhana yang bisa dilakukan orang tua. Yaitu jika anak tidak terangsang oleh stimulasi kontak dan suara, maka kemungkinan besar anak mengalami gangguan bicara. Saat bayi berusia 3 bulan, bunyikan gelas di samping bayi, lihat apakah ada respon terhadap suara tersebut atau tidak. Respon yang dimaksud bisa berupa bayi menoleh atau bereaksi.

Ayah Bunda,

Nantikan postingan kami selanjutnya tentang Speech Delay. Antara lain: _Penyebab Anak Terlambat Bicara_, _Dampak Terlambat Bicara pada Anak_, dan _Tindakan Orang Tua Ketika Anak Terlambat Bicara_.

Jika postingan kami dirasa bermanfaat, kami harap Ayah Bunda berkenan memberikan like, comment, dan men-share kepada orang lain supaya lebih banyak orang tua yang mendapatkan ilmu tentang tumbuh kembang anak.

Untuk konsultasi dan tanya jawab oleh Psikolog kami, silakan kirim pesan di inbox kami atau kirim email ke qqmitraananda@yahoo.com. Pertanyaan Ayah Bunda beserta jawaban dari kami akan dimuat di halaman Fan Page QQ Mitra Ananda.

Kunjungi juga blog kami: www.qqmitraananda.com untuk mendapatkan artikel-artikel lain yang bermanfaat.


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar