Ciri Anak Sehat


Ciri – Ciri Anak Tumbuh dengan Sehat

 

Setiap orangtua mendambakan anak yang sehat dan aktif. Pertumbuhan yang sehat tidak hanya meliputi pertumbuhan fisik, melainkan juga sosial dan emosional anak.

 

Untuk mewujudkan anak yang sehat penting untuk memperhatikan kebutuhan gizi, pendidikan, istirahat, dan perhatian dari keluarga.

 

Dengan terpenuhinya hal-hal di atas, maka memberikan perbedaan dalam tumbuh-kembang anak yang sehat dan tidak.

 

Lalu, seperti apakah ciri-ciri anak sudah tumbuh dengan sehat? Berikut rangkumannya:

 

1. Mengalami pertambahan tinggi dan berat badan

Salah satu ciri anak yang sehat adalah mengalami pertambahan tinggi dan berat badan yang sesuai dengan usianya. Keduanya merupakan indikator yang paling umum dan paling mudah diukur untuk mengetahui apakah pertumbuhan anak normal.

 

2. Cepat belajar dan beradaptasi

Asupan gizi berperan penting terhadap tumbuh-kembang anak. Hal ini dapat diketahui dari bagaimana otak anak berkembang untuk menangkap informasi atau belajar dengan cepat dan kemampuan beradaptasinya.

 

3. Memiliki nafsu makan yang baik

Anak yang sehat memiliki gairah untuk makan makanan sehat. Apabila anak cenderung pemilih dan lebih suka jajan, orangtua perlu mewaspadai dan segera melakukan perubahan pola makan karena asupan nutrisi yang sehat penting bagi tumbuh-kembang anak, terutama perkembangan otaknya.

 

4. Memiliki kemauan untuk bergerak

Anak yang aktif bergerak menunjukkan bahwa kondisi fisik dan mentalnya sehat. Jika anak senang bermain dan bergerak aktif selama beberapa kali dalam sehari dengan durasi 15 menit, maka anak Anda bisa dibilang kategori anak yang aktif.

 

5. Cukup beristirahat

Istirahat yang cukup menjadi faktor yang tak kalah pentingnya dalam mendukung pertumbuhan anak yang sehat. Anak yang sehat memiliki pola tidur teratur dan berkualitas. Dalam artian, anak tidur dengan lelap hingga pagi tanpa sering terbangun di tengah malam atau pun mengalami kesulitan tidur.

 

Itu dia informasi mengenai ciri-ciri pertumbuhan anak yang sehat. Apabila Anda mencurigai adanya gangguan kesehatan pada anak yang mempengaruhi tumbuh-kembangnya, jangan ditunda. Segera periksakan anak ke dokter agar dokter dapat mendiagnosis penyebabnya dan memberikan perawatan yang tepat.

 

SUMBER