Manfaat Toleransi dalam Aspek Kehidupan untuk Anak dan Orang Tua


Manfaat Toleransi dalam Aspek Kehidupan untuk Anak dan Orang Tua

 

Memiliki sikap toleransi tentu tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri, tetapi juga untuk lingkungan sekitar. Berikut adalah beberapa manfaat dari sikap toleransi.

 

1. Meneguhkan Keimanan

Toleransi beragama bisa membuat iman kita semakin teguh. Berada di lingkungan dengan keragaman agama kadang membuat khawatir jika iman menjadi goyah, padahal tidak selalu demikian.

 

Memahami bahwa kegiatan beragama adalah sifat yang personal justru bisa semakin meneguhkan keimanan kita. Dengan saling menghormati keberagaman agama satu sama lain, sikap toleransi ini justru akan membuktikan wujud keimanan kita dalam memperlakukan sesama sesuai perintah Tuhan.

 

2. Membuka Wawasan

Mengetahui keragaman yang ada di lingkungan sekitar dengan menerapkan sikap toleransi akan memperkaya wawasan. Kita akan tahu berbagai cara orang dalam menjalani keseharian dalam perbedaan agama, suku, ras, dan budaya.

 

Dalam hal sederhana, kita bisa mengajak anak memahami perbedaan cara berdoa agama lain, cara berbicara dan bahasa suku lain, bahkan bentuk rambut lurus dan keriting dari ras lain. Semakin anak mengenal perbedaan untuk menumbuhkan toleransi, tanpa disadari wawasannya juga akan semakin luas.

 

3. Membuat Anak Mudah Bergaul

Memiliki sikap toleransi akan memudahkan anak dalam bergaul di lingkungan baru. Terbiasa melihat perbedaan membuat anak tidak akan terlalu mempermasalahkan hal tersebut selama apa yang ia lakukan merupakan hal yang benar.

 

Bekal ini akan berguna ketika nantinya ia dewasa dan harus menghadapi sendiri berbagai persoalan terkait keragaman. Anak akan mudah menerima dan menyikapi cara pandang baru tentang sikap toleransi dan paham bagaimana memilih sikap yang tepat jika hal tersebut berbeda dengan keyakinannya.

 

4. Menciptakan Keharmonisan

Di lingkungan di mana orang tua paham akan arti toleransi, maka anak-anak akan mengikuti tindakan orang tuanya. Sikap yang dicontohkan ini akan membuat keharmonisan tetap terjaga.

 

Selain harmonis, manfaat berikutnya adalah terciptanya suasana damai. Lingkungan yang damai tentunya akan sangat terasa nyaman untuk ditinggali. Di lingkungan yang harmonis dan damai inilah anak-anak akhirnya bisa tumbuh dengan baik dan nyaman.

 

5. Hak Asasi Manusia Akan Terpenuhi

Dalam lingkup yang lebih luas, sikap toleransi akan membuat hak asasi manusia setiap penghuninya akan dengan mudah terpenuhi. Hak asasi ini merupakan hal dasar yang membuat seseorang bisa hidup dengan nyaman dalam keragaman.

 

Tanpa adanya sikap toleransi, maka setiap orang akan merasa khawatir tentang keberadaannya dan pemenuhan hak hidupnya. Maka manfaat toleransi ini menjadi penting bahkan menjadi perayaan tahunan di mana dunia selalu diingatkan melalui perayaan Hari Hak Asasi Manusia.