Gejala Down Syndrome


Gejala Down Syndrome

Down syndrome dapat memengaruhi perkembangan fisik, kognitif, dan perkembangan individu. Beberapa ciri-ciri fisik yang umum terkait dengan kondisi ini meliputi wajah yang berbeda dengan mata yang cenderung miring ke atas dan lipatan kulit yang mendatar di bagian belakang leher. Selain itu, individu dengan Down syndrome juga mungkin memiliki gangguan perkembangan, seperti keterlambatan bicara, kemampuan belajar yang berkurang, dan penurunan tingkat kecerdasan.

Namun, penting untuk diingat bahwa gejala dan tingkat keparahan Down syndrome dapat bervariasi secara signifikan antara individu. Beberapa individu dengan Down syndrome dapat mengalami kesulitan yang lebih sedikit dan hidup secara mandiri, sementara yang lain mungkin memerlukan perawatan intensif sepanjang hidup mereka.

Down syndrome, juga dikenal sebagai trisomi 21, adalah kelainan genetik yang terjadi karena keberadaan materi genetik ekstra pada kromosom 21. Kondisi ini dinamai sesuai dengan dokter yang pertama kali menggambarkannya secara detail, yaitu Dr. John Langdon Down pada tahun 1866. Down syndrome adalah salah satu kelainan genetik yang paling umum terjadi, mempengaruhi sekitar 1 dari setiap 700 kelahiran di seluruh dunia.