Peran Ayah dalam Keluarga


Apa saja sih peran ayah dalam keluarga? Tak hanya sebagai sosok yang mencari nafkah, ternyata ayah juga punya peranan penting loh dalam berbagai urusan.

 

Peran Ayah dalam Keluarga

1. Menjadi Pemimpin Keluarga

Peran penting ayah salah satunya adalah menjadi pemimpin bagi keluarga. Bisa dibilang ayah bagaikan nakhoda dari keluarga tersebut. Beliau lah yang bakal memandu dan memberi arah pada keluarganya.

Kamu bisa melihat bagaimana sifat ayah sebagai pemimpin, mengambil sebuah keputusan, mengatasi konflik, dan lain-lainnya. Sebagai pasangan, kita juga tentunya harus menanamkan pada si kecil mengenai peran ayah sebagai pemimpin dan menghargai setiap usaha-usahanya dalam menjaga keluarga ini.

2. Menjadi Teladan Bagi Istri dan Anak-anaknya

Sosok ayah adalah panutan bagi istri serta anak-anaknya. Memang ya perkembangan dan tingkah laku anak akan sangat dipengaruhi oleh orang-orang yang ada di sekitarnya, termasuk ayah. Makanya tak heran kalau ayah menjadi sosok role model buat anak-anaknya.

Maka dari itu ayah haruslah menjadi panutan bagi setiap buah hatinya. Perilaku baik yang ditunjukkan oleh ayah nantinya akan dicontoh oleh si kecil dan menjadi landasan bagi pembentukan kepribadiannya kelak.

3. Sosok yang Menghibur

Tegas sebagai kepala keluarga, tapi siapa sangka loh kalau kebanyakan ayah juga memiliki sifat penghibur. Tentunya sifat ini sangat diperlukan ya, apalagi ketika kita nih Mama-Mama sedang bersedih dan membutuhkan bantuan. Sifatnya yang senang menghibur ini bisa menenangkan kembali suasana hati kita yang sedang buruk.

Begitu juga kalau kondisi anak-anak sedang murung atau bersedih. Ayah juga bakalan turun tangan untuk selalu menghibur anaknya, sehingga buah hati pun bisa kembali merasa ceria dan semangatnya bisa bangkit kembali.

4. Seseorang yang Disiplin

Seorang ayah punya andil yang besar untuk menumbuhkan kedisiplinan pada anak-anaknya. Kedisiplinan ini perlu dibangun sejak dini agar anak-anak dapat menghargai waktu serta mengenal kebiasaan-kebiasaan baik.

Untuk itu kita sebagai pasangan, jangan ragu untuk selalu membantu dan mendukung suami ya dalam menanamkan disiplin ini kepada anak-anak.

5. Sebagai Imam Keluarga

Peran ayah dalam keluarga lainnya yang tak kalah penting adalah mengarahkan keluarga agar menjadi taat sesuai dengan agama yang dianut masing-masing. Ayah adalah seorang imam bagi keluarganya, jadi dia memiliki tugas buat membimbing keluarganya menghindari perilaku yang buruk.

Ayah juga yang akan menanamkan nilai-nilai agama dalam keluarga sebagai pondasi kehidupan yang baik. Pemahaman soal agama ini penting loh agar anak nantinya bisa terhindar dari sifat atau pergaulan buruk yang marak saat ini.

6. Motivator Keluarga

Sering kali kamu atau anggota keluarga lainnya mengalami masalah, sehingga membuat semangatmu menurun. Nah di sini lah peran ayah yang akan bertugas untuk memberikan motivasi.

Sebagai contoh ketika anak mengalami masalah di sekolah, ayah akan memberikan saran dan dukungan yang positif bagi si kecil. Motivasi ini penting dan akan sangat berpengaruh pada mental anak. Setiap dukungan yang ayah berikan juga bisa membuat si buah hati semakin kuat dalam menghadapi hambatan yang nanti akan dilaluinya.

Hal yang sama juga bisa ayah berikan ketika istri merasa suasana hatinya sedang buruk. Ayah akan menjadi tempat bersandar ketika sosok ibu merasa lelah. Motivasi inilah yang akan menjaga hubungan keluarga senantiasa harmonis.

7. Memberikan Waktu yang Berkualitas

 

Kebanyakan di luar sana, sosok ayah merupakan sosok pekerja keras. Wajar sih soalnya hal ini dilakukan untuk dapat memenuhi seluruh kebutuhan rumah tangganya.

Akan tetapi ketika waktu luang, ayah harus bisa membagi waktunya tersebut bersama istri serta anak-anaknya. Sebagai contoh, sekadar mengajak bermain, nonton film bersama, atau mengajak istri berdiskusi. Gunakanlah waktu yang berharga tersebut agar hubungan antara anggota keluarga menjadi lebih erat lagi.