Tanda-Tanda anak kurang perhatian


Kasih sayang dan perhatian adalah hal penting bagi setiap orang, terutama anak. Namun, di kala kedua orangtua bekerja dan punya kesibukan, anak sangat rentan mengalami kurang perhatian. Lalu, bagaimana Anda bisa mengenali tanda bahwa anak anda kurang perhatian?

Anak sangat memerlukan perhatian dan kasih sayang

Agar perkembangan psikologi pada masa kanak-kanak optimal, tiap anak memerlukan kasih sayang dan perhatian. Maksudnya, semua cinta yang diberikan lingkungan kepada seorang anak akan tercermin dalam perkembangannya. Dengan cara ini, dia akan mempunyai identitas dan keyakinan diri yang jelas.

Seorang anak akan memiliki kepribadian yang positif apabila dia diberi kasih sayang yang cukup. Pengalamannya dengan kasih sayang akan membantu anak mengintegrasikan dirinya dalam masyarakat, mencari pertolongan dan belajar menyesuaikan dirinya dalam situasi di masyarakat.

Tanda anak kurang perhatian

Tanda-tanda kurangnya perhatian dan kasih sayang pada anak anak tercermin dari hubungan orangtua dan anak. Hal ini biasanya akibat dari ketidaktahuan orangtuanya terhadap kebutuhan anak mereka.

Kekurangan perhatian pada anak dapat menimbulkan banyak masalah. Sebagai contoh, anak yang kurang mendapat perhatian mungkin akan mengalami konflik atau tingkah laku agresif, atau mungkin mengalami rasa tidak aman atau tidak percaya pada orang lain.

Itulah sebabnya, sangat penting untuk mengetahui sejumlah tanda anak kurang perhatian dilansir dari Exploring Our Mind.

·         Tanda anak kurang perhatian: 1. Sulit mengenali emosi

Anak akan belajar untuk mengawal emosi mereka melalui cinta dan hubungan interpersonal dengan orang-orang yang dekat dengan mereka. Oleh karena itu, jika anak anak kurang mendapatkan perhatian, dia mungkin sukar untuk mengenali emosi, mengenali norma sosial (sering melanggar aturan).

Lebih-lebih lagi, dia mungkin tidak dapat mengenali perasaan orang lain. Oleh sebab itu, ia anak akan kurang empati pada orang lain, yang seringkali memicu konflik dan kemarahan dalam pergaulan mereka.

·         Tanda anak kurang perhatian: 2. Sering membuat konflik

Tanda anak kurang perhatian juga bisa dilihat dari hubungan mereka dengan orang lain. Jika mereka cenderung memicu konflik, hal ini mungkin tanda yang harus Anda waspadai.

Anak kurang perhatian ini sering terlibat dalam konflik kerana kekurangan pengetahuan mereka dalam membentuk kemahiran sosial yang baik.

·         Tanda anak kurang perhatian: 3. Tidak mau mengakui kesalahan 

Anak yang mendapat kurang perhatian akan cenderung mengelak daripada menghadapi situasi yang sukar, dan cenderung menyalahkan orang lain. Hal ini terjadi karena anak yang kurang mendapat perhatian belum memiliki perkembangan konsep diri yang optimal.

Jika anak Anda menunjukkan gejala-gejala ini, penting bagi Anda untuk lebih sering menggali perasaannya. Anda juga harus membuat  anak mengetahui bahwa Anda peduli dengan kebaikan yang anak lakukan.

Untuk mulai menggali perasaan anak, mulailah dengan memperbaiki komunikasi dalam keluarga, jadikan keluarga sebagai tempat yang nyaman untuk berkomunikasi.