Tips Mengajarkan Anak Membaca Melalui Permainan


Untuk tumbuh kembang sang Kecil yang maksimal, pasti orangtua butuh memberikan support serta mengarahkan berbagai macam pelajaran yang cocok dengan umurnya. Diantaranya yaitu dengan Melatih Anak Membaca.

 

Sebelum anak memasuki jenjang pendidikan pertamanya, Anda mampu lho mengenalkan kata- kata simpel buat membangun kosakata yang anak tahu supaya lebih siap bersekolah.

 

Tidak cuma mempersiapkan diri saat sebelum sekolah, anak juga akan menemukan bermacam manfaat lain dengan melaksanakan aktivitas membaca. Antara lain menambah keterampilan bahasa, menstimulasi imajinasi, dan menaikkan konsentrasi serta kesehatan otak anak jadi lebih maksimal.

 

Untuk itu, Anda dapat mengenalkan anak aktivitas membaca sejak dini dengan metode yang gampang serta mengasyikkan.

 

Salah satunya lewat bermacam game. Dengan mengajarkannya lewat game, anak juga tidak akan merasa belajar jadi hal yang membosankan serta menegangkan.

 

Lalu, apa saja game yang dapat melatih si Kecil buat membaca?

 

1. Kartu Gambar

 

Tidak cuma buku cerita bergambar, Anda juga dapat mengajak anak membaca lewat game kartu gambar. Anda dapat membagikan kartu bergambar dengan alfabet ataupun kata simpel yang bergambar serta warna warni.

 

Dengan kartu gambar tersebut, pastinya ini jadi hal yang menarik atensi anak lho. Anda juga dapat mengenalkan huruf dan bacaan lain pada anak guna berlatih membaca.

 

2. Gadget

 

Tidak dipungkiri kalau gadget disaat ini jadi barang kesukaan untuk nyaris seluruh orang, termasuk anak- anak. Supaya pemakaian gadget jadi lebih berguna, Anda dapat memakainya untuk mengenalkan membaca.

 

Misalnya dengan mengunduh aplikasi membaca ataupun buku pelajaran pada gadget yang biasa anak pakai. Tidak cuma itu, Anda dapat pula menyaksikan siaran edukatif bersama anak lewat aplikasi yang terdapat pada gadget.

 

Dengan begitu, anak juga tidak senantiasa terfokus pada game yang terdapat dalam gadget saja lho. Tapi juga gadget dapat berguna untuk melatih anak membaca dan pelajaran yang lain.

 

3. Buku Cerita Bergambar

 

Si Kecil suka mendengarkan dongeng? Anda dapat menggunakan buku cerita sebagai ajang mengenalkan tulisan serta kosakata lho.

 

Cobalah memakai buku cerita bergambar yang bakal menarik atensi anak Anda. Triknya dengan mengawali membaca satu kata simpel yang terdapat dalam buku, kemudian ajak si Kecil buat bergantian membacakan kata tersebut.

 

Pada saat umur anak terus meningkat, Anda juga dapat memperbanyak kata yang lain yang hendak dibacakan buat anak. Dengan begitu, keahlian membaca serta memahami kata yang anak tahu juga bakal bertambah.

 

4. Huruf Tempel

 

Kalau kartu bergambar cuma mengenalkan huruf ataupun tulisan biasa, Anda juga dapat membuat kata- kata sendiri yang kerap anak sebutkan tiap hari.

 

Triknya dengan membuat huruf ataupun tulisan yang dapat ditempel pada papan tulis ataupun kertas karton. Sesudah itu, meminta si Kecil menyusun satu buah kata tentang hal yang mereka senangi.

 

Ajak perlahan dengan metode yang menyenangkan, misalnya dengan membawa mainan kesukaannya juga boleh lho. Anda juga dapat meminta anak menuliskan warna ataupun kata yang menunjukkan mainan kesukaannya tersebut.

 

5. Bermain Tebak- tebakan

 

Bermain tebak- tebakan juga mampu lho jadi metode mengenalkan bermacam rupa kata. Triknya juga gampang, Anda dapat membuat game ini di rumah dengan bahan- bahan yang ada.

 

Mula- mula coba buatlah dadu dari kertas yang sesudah itu dapat Anda tempelkan kata semacam“ siapa”,“ apa”,“ kapan”,“ di mana”,“ kenapa”," bagaimana?"

 

Setelah itu, ambil buku cerita pendek yang anak suka, kemudian baca bersama anak. Sehabis bacaan berakhir, lemparlah dadu yang sudah dibikin tadi. Bila sisi bagian atas menampilkan kata" di mana", Anda dapat menanyakan pada anak di mana latar tokoh dalam cerita yang dibaca tadi.

 

Begitu juga seterusnya lho. Dengan begitu anak juga bakal menguasai bacaan yang dibaca bersama, dan menaikkan kosakata yang dia miliki.


SUMBER



Photo by Iana Dmytrenko on Unsplash