Alasan kenapa sekolah ABK itu penting


Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Kala merambah umur sekolah, orang tua dengan anak berkebutuhan khusus (ABK) kerap merasa bimbang. Ke mana mesti menyekolahkan anaknya? Sementara itu, kebutuhan khusus sepatutnya tidak membatasi anak buat memperoleh pembelajaran yang ialah hak tiap anak di Indonesia.


Oleh karena itu, untuk memastikan anak-anak berkebutuhan khusus mendapatkan pendidikan yang sama dengan anak normal. Pemerintah menetapkan kebijakan dalam Permendikbud No. 70 Tahun 2009 Tentang Pendidikan Inklusif Bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan Dan/Atau Bakat Istimewa.


Seperti apa peserta didik yang dianggap sebagai peserta didik dengan disabilitas ataupun kebutuhan khusus? Bersumber pada Pasal 3 Permendikbud Nomor. 70 Tahun 2009, berikut merupakan peserta didik yang berhak menjajaki pembelajaran khusus:


- Tunagrahita

- Tunawicara

- Tunarungu

- Tunanetra

- Tunaganda

- Tunalaras

- Berkesulitan Belajar

- Lamban Belajar

- Autis

- Memiliki Gangguan Motorik

- Menjadi Korban Penyalahgunaan Narkoba, Obat Terlarang, Dan Zat Adiktif Lainnya

- Memiliki Kelainan Lainnya

- Tunadaksa

Sebagian orang mungkin bertanya, apakah perlu anak berkebutuhan khusus mengenyam pendidikan selayaknya anak normal? Jawaban nya tentu saja perlu. Apa alasannya?

 

1. Anak bisa bersosialisasi di sekolah

 

Sekolah sangat bernilai untuk anak selaku fasilitas bersosialisasi disamping menuntut ilmu. Anak bakal merasa bahagia kala bermain dengan banyak sahabat dibanding cuma di rumah tanpa kegiatan apapun.


2. Tiap anak mempunyai kemampuan yang bisa dikembangkan

 

Semua orang bisa berkembang, termasuk anak berkebutuhan khusus. Meski mempunyai keterbatasan namun ABK masih ada kemampuan yang bisa dikembangkan.

 

Contoh siswa tunanetra dengan keterbatasan penglihatan bisa dikembangkan pada keahlian bermain musik. Kita sering melihat anak tunagrahita tampil pada kesenian musik, dan bermacam contoh yang lain.

 

Semua pasti bisa tumbuh apabila dilatih serta diarahkan dengan baik, serta sekolah anak berkebutuhan khusus jadi salah satu wadah yang pas. Semakin dini anak berkebutuhan khusus bakal lebih gampang diarahkan serta dikembangkan daripada pada saat ia sudah dewasa.


3. Sekolah adalah tempat pengembangan berbagai bermacam keterampilan

 

Sekolah anak berkebutuhan khusus ialah wadah yang pas untuk meningkatkan keahlian para siswa dengan harapan siswa sehabis lulus bisa jadi pribadi yang mandiri.

 

Keahlian yang diajarkan mulai dari tingkatan dasar, contohnya adalah keahlian bina diri mulai dari makan, mandi, berpakaian, setelah itu kemampuan bidang akademik pada siswa ABK yang bisa diarahkan pada bidang akademik.

 

Buat siswa yang sudah menginjak umur remaja, umumnya di banyak sekolah ABK sudah diarahkan kepada keahlian semacam pembuatan batako, kotak pensil, gantungan kunci, membatik, menjahit, dsb.

 

Demikianlah sebab kenapa anak berkebutuhan khusus sangat butuh sekolah yang pas buat pertumbuhan tumbuh kembang mereka.


Karena itulah kami sebagai salah satu penyedia layanan sekolah anak berkebutuhan khusus di jakarta khususnya jakarta timur sangat menyediakan lingkungan yang sesuai agar anak berkebutuhan khusus bisa menjalani pendidikan yang selayaknya anak normal.