Melihat Keterlambatan Perkembangan pada Anak Usia Dini


Setiap anak tumbuh dan belajar dengan kecepatannya masing-masing, dan patokan normal hal tsb cukup lebar. Namun, akan sangat membantu untuk mengetahui tanda-tanda bahwa anak Anda mungkin tidak memiliki keterampilan yang dimiliki kebanyakan anak lain pada usia mereka. Dokter menyebut masalah itu sebagai Keterlambatan Perkembangan.

 

Banyak keterlambatan yang tidak serius, dan sebagian besar anak dapat mengejar ketinggalan tsb, terutama ketika mereka mendapatkan perawatan dini. Intinya adalah memberi anak Anda bantuan apa yang mereka butuhkan segera setelah Anda merasa ada masalah. Jika Anda bertanya-tanya apakah si kecil Anda tertinggal dalam pertumbuhan emosional, mental, atau fisik, jangan menunggu untuk mengetahuinya. Segera hubungi dokter segera.

 

Apa itu Keterlambatan Perkembangan?

Ada banyak jenis yang berbeda. Anak-anak mungkin memiliki masalah dengan:

 

        ·         Bahasa atau Bicara

 

        ·         Gerakan, atau keterampilan motorik

 

        ·         Keterampilan emosional dan sosial

 

        ·         Kemampuan berpikir

 

Keterlambatan Bahasa dan Bicara

Ini adalah jenis keterlambatan perkembangan yang paling umum. Mereka terdengar serupa, tetapi mereka adalah jenis masalah yang berbeda. Bicara berarti suara yang keluar dari mulut seseorang. Anak-anak yang mengalami keterlambatan bicara mungkin gagap atau kesulitan mengucapkan kata-kata dengan cara yang benar.

 

Bahasa mengacu pada makna suara dan gerak tubuh. Anak-anak dengan masalah bahasa mungkin mengalami kesulitan mengekspresikan diri atau memahami orang lain.

 

Kemungkinan penyebab. Keterlambatan dalam keterampilan ini dapat terjadi karena berbagai alasan, termasuk:

 

         ·         Masalah dengan lidah anak atau langit-langit mulutnya, yang membuatnya sulit untuk membentuk suara dan kata-kata

 

        ·        Kehilangan pendengaran. Anak-anak yang mengalami banyak infeksi telinga dapat mengalami masalah pendengaran.

 

 

        ·         Ketidakmampuan belajar

 

        ·         Gangguan perkembangan, seperti cerebral palsy atau gangguan spektrum autisme

 

Apa yang dapat Anda lakukan. Jika Anda merasa anak Anda memiliki masalah dengan bicara atau bahasanya, segera beri tahu dokter. Dokter perlu menguji pendengaran mereka. Mereka mungkin juga akan menyarankan agar anak Anda menemui seorang profesional yang dapat mendiagnosis dan mengobati keterlambatan ini, yang disebut ahli ilmu bahasa wicara atau terapis wicara. Spesialis ini akan mempelajari bagaimana anak Anda mengekspresikan diri, termasuk:

 

        ·         Apa yang mereka pahami

 

        ·         Apa yang bisa mereka katakan?

 

        ·         Cara lain seperti mereka mencoba untuk menyampaikan pikiran mereka, seperti gerak tubuh atau anggukan

 

Jika anak Anda mengalami keterlambatan, mereka mungkin memerlukan terapi wicara. Seorang terapis dapat bekerja dengan mereka tentang cara mengucapkan kata-kata dan suara, dan memperkuat otot-otot di wajah dan mulut mereka. Anda juga dapat bekerja dengan anak Anda dalam berbicara dan bahasa dengan cara:

 

        ·         Bicaralah dengan mereka sepanjang hari. Tunjukkan benda atau suara di rumah, di warung, di mobil, atau ke mana pun Anda pergi. Ajukan pertanyaan dan tanggapi jawaban mereka.

 

        ·         Bacakan buku atau cerita untuk anak Anda setiap hari.

 

 

        ·         Dapatkan pengobatan untuk infeksi telinga atau kondisi lain yang mungkin mempengaruhi pendengaran mereka.




SUMBER