Strategi Membangun Penghargaan Diri Yang Tinggi Bagi Anak BAG 2


PHOTO FROM PIXABAY


 

1.   Simpan jurnal keberhasilan

Cara ampuh lainnya untuk meningkatkan keyakinan diri mereka adalah dengan meminta mereka menyimpan jurnal keberhasilan tempat mencatat prestasi dan kemenangan mereka secara teratur. Ingatlah, ini dapat dimulai dari orang tua. Keluarga kemudian dapat berbagi jurnal keberhasilan secara teratur, misalnya saat makan bersama di hari minggu.

 

2.   Mengkaji ulang kegagalan dan penolakan

Tentu saja kita dapat melindungi anak-anak kita dari semua kegagalan, kemunduran, penghinaan dan kritikan yang mungkin akan selalu mereka alami dalam kehidupan bermasyarakat. Apa yang dapat kita lakukan untuk menolong anak-anak kita berfikir dan merasakan hal positif tentang diri mereka sendiri sehingga mengarahkan mereka untuk mengkaji ulang kegagalan dan penolakan, kemudian mengubahnya menjadi pengalaman belajar yang akan membuat mereka menjadi lebih baik dan lebih kuat. Anda akan belajar lebih bnyak lagi tentang hal tersebut kedepan nya.

 

3.   Ingatkan anak-anak, mereka memiliki kekuatan memilih dan mengubah

Banyak remaja memiliki penghargaan diri yang rendah karena merasa bahwa mereka memiliki sedikit atau bahkan tidak memiliki kendali terhadap hidup mereka. Kebanyakan mereka merasa bahwa ‘guru jelek’, ‘pelajaran sulit’ atau ‘kemalasan’ mereka yang menghalangi mereka dari keberhasilan.

 

Ingatkan anak-anak anda bahwa mereka memiliki kekuatan untuk memilih. Tidak peduli guru macam apa atau teman seperti apa yang mereka miliki, pada akhirnya mereka memiliki pilihan bagaimana mereka merespons tantangan-tantangan di sekitar mereka. Memperkuat konsep bahwa ‘agar sesuatu berubah, mereka harus berubah terlebih dahulu ‘, Ajari mereka kekuatan mengambil TANGGUNG JAWAB dan PEMILIKAN dibandingkan MENYALAHKAN.

 

Ketika anak-anak merasa bahwa mereka mengendalikan hasil kerja mereka dan memiliki kekuatan mengubah, mereka akan memiliki tingkat penghargaan diri yang lebih tinggi.

 

4.   Merayakan keberhasilan mereka

Ketika anak-anak kita membuat prestasi besar seperti mendapat nilai ujian A, memenangkan pertandingan olahraga atau terpilih sebagai ketua kelas. Rayakan keberhasilan itu bersama mereka. Buatlah kemenangan mereka sebagai ‘kemenangan keluarga’ sehingga mereka merasa menjadi bagian dari sebuah tim. Ini bukan berarti memberikan mereka hadiah yang mahal, tetapi bisa berupa makan malam spesial bersama seluruh keluarga.



SUMBER : Buku Membentuk Anak Menjadi Seorang PEMENANG dan GENIUS Karya Penerbit ELEX MEDIA KOMPUTINDO